Kepiting Kelapa - Coconut Scrab

Kepiting Kelapa ( Birgus Latro )
Adalah jenis Kepiting darat dengan penampilan spektakuler dan biologis menarik. Mampu tumbuh dengan proporsi yang relatif raksasa. Kepiting Kelapa ini barangkali adalah arthopoda darat terbesar di dunia.
Tidak seperti Kelomang (Keong) lainnya. Kepiting Kelapa yang masih muda akan menggunakan rumah kerang gastropoda ( siput ) sebagai pelindung kulitnya yang masih lunak..



Kepiting Kelapa pada siang hari berlindung dalam lobang menghindari kekeringan dan penyusup dan malam harinya keluar mencari makanan, sesuai dengan namanya Kepiting ini makanan utamanya adalah kelapa..dan mampu memanjat pohon kelapa.Namun terkadang bukan hanya kelapa kepiting ini juga makan dedaunan, organik dan juga memakan Spesies Crustacea lainnya yang di duga mengandung kalsium untuk pertumbuhan cangkangnya sendiri.







Kepiting Kelapa ditemukan di pulau-pulau yang tersebar di samudra dan pulau kecil lepas pantai yang berdekatan dengan pulau besar benua di berbagai geografis yang luas diwilayah Indo-pasifik tropis menurut data, membentang dari kepulauan Aldabras di Samudra Hindia dan pulau Paskah di Samudra Pasifik.

Artikel Lengkapnya + Video klik  di Coconut Crab Fact File


Tidak ada komentar: